AMBIL KEUNTUNGAN SAAT FOMC DAN PIDATO THE FED

FOMC (Federal Open Market Committee. FOMC) adalah dewan rapat kebijakan bank sentral Amerika Serikat. Saat FOMC, maka volatil harga di market bergerak cepat karena hasil FOMC mempengaruhi langkah the FED dalam mengambil tindakan terhadap suku bunga, stimulus moneter, jumlah uang yang beredar, program pembelian atau penjualan saham dan obligasi pemerintah, hingga mengatur masalah lapangan pekerjaan. 

Para trader sangat memanfaatkan situasi ini karena profit yang besar yang bisa dicapai tetapi kerugian besar juga bisa didapat. Ketika Nada the FED hawkish maka akan ada penguatan dolar dan pasangan komoditas dan mata uang yang dipasangkan dengan dolar menjadi melemah. Seperti harga emas akan jatuh.

Ketika nada the FED dovish maka terjadi pelemahan dolar maka pasangan mata uang dan komoditas dengan dolar akan menguat.

Selain FOMC, Pidato dari ketua atau Chairman the FED perlu dicermatin dengan teliti. Pada Bulan Februari inflasi USA masih tinggi 6.4 Persen tetapi fakta bahwa pergerakkan data ekonomi sedang melambat seperti turunnya harga rumah, penjualan rumah yang menurun serta tingkat pengganguran yang tinggi. Tetapi Ketua The FED, Jerome Powell tetap akan memainkan tool yang mereka miliki untuk mengendalikan inflasi. Tool yang paling memungkinkan adalah suku bunga. Dengan teori mengurangi inflasi dengan menaikkan suku bunga.
Kita sebagai masyarakat pastinya aneh menanggapi itu karena lebih baik menurunkan suku bunga agar ekonomi membaik. Tapi kita sebagai trader harus memanfaatkan itu sebagai peluang membeli emas di harga murah. Pada saat pidato emas turun drastis hingga ke 1810 dolar per troy ons.
Pada Bulan Maret, efek suku bunga yang tinggi menyebabkan dua bank di USA bangkrut karena ketika suku bunga tinggi maka nilai obligasi pemerintah turun sehingga bank silver gate dan SVB bangkrut sehingga harga emas langsung menanjak ke 1895. Wow hasil profit yang besar, hal ini harus anda manfaatkan dengan baik agar anda untung dan jangan melawan market ketika pidato the FED karena USA memiliki strategi yang kuat untuk meopang ekonomi mereka memiliki kekuataan printing money dan jumlah kekayaan yang besar untuk membalikkan keadaan ekonomi dengan cepat.

Komentar