"Soekarno" Bapa Damai dari Indonesia

Soekarno merupakan prsedin pertama Indonesia. Banyak tinta emas yang diukirnya bagi sejarah Indonesia walaupun di akhir jabatannya dia di penjara oleh orde baru. 
Indonesia ketika merdeka menganut sistem politik bebas aktif. Bebas berarti bisa berhubungan dengan negara manapun dan aktif yaitu Indonesia aktif membawa perdamaian. Soekarno aktid menyerukan perdamain di mulai dari teks proklamasi dan pembukaan UUD 1945 yang menyerukan kemerdekaan dan perdamaian abadi. Landasan ini membuat Indonesia aktif di dunia internasional menyerukan anti penjajahan. 
Pada tahun 1955 Indonesia memprakarsai terbentuknya Konfrensi Asia Afrika (KAA) di Bandung yang menghasilkan dasasila Bandung atau Bandung Delerasion. Dasasila Bandung menuntut pembebasan penjajahan dan tidak ikut campur dalam konflik internal negara. KAA memunculkan terbentuknya GNB (Gerakan Non-Blok) dimana tidak memihak blok barat dan timur yang menjadi kekuatan besar. GNB di prakarsai Indonesia dan tahun 1961 Indonesia menjadi tuan rumah GNB.
Pada tahun 1965 Indonesia mengalami pergantian pemimpin yang di pimpin Soeharto selama 32 tahun. Ketika kepemimpinan Soeharto, Soekarno di tangkap dan di asingkan. Ketika di penjara Soekarno tidak melawan dan memilih karena tidak ingin Indonesia rusuh. Soekarno memiliki hati ikhlas dan pendamai sehingga mampu membawa damai.

Komentar