4 Alasan Liverpool wajib juara liga Inggris dan Champions

Musim ini Liverpool membuat sensasi dengan menjadi pemuncak klasemen Liga Inggris dan Juara grup E liga Champions. Memuncaki liga Inggris tanpa terkalahkan dengan jarak 22 poin dari Manchester City. Di liga Champions menjadi juara grup walaupun didapat dengan sulit.
Jika Liverpool menjuarai keduanya maka ini akan menjadi pelajaran berharga bagi klub-klub eropa.
1. Proses kesabaran terhadap pelatih
Jurgen Kloop harus menunggu hingga musim keempat untuk dapat meraih gelar pertamanya. Hal ini memberi pelajaran agar klub tidak langsung memecat pelatih ketika gagal menjuari piala. Klub perlu mencontoh Liverpool yang melihat adanya peningkatan setiap musimnya walaupun tidak ada gelar yang diberi dari posisi di klasemen liga yang setiap musim membaik dan masuk final kejuaraan.

2. Pengembangan pemain muda
Liverpool menjadi contoh pengembangan pemain akademi. Klub di Eropa adanya mengakali produk akademi dengan membeli pemain muda bertalenta dengan harga mahal lalu memasukkan ke akademi. Liverpool mengembangkan pemain muda dengan memberi waktu bermain di tim utama. Liverpool sudah 2 kali memainkan seluruh pemain akademi di Carabao Cup melawan Aston Villa dan FA Cup melawan Shrewsbury. Jurgen Kloop juga memberi memasukkan pemain muda di pemain pengganti saat pemain cedera dan tidak ada yang menggantikan.

3. Cermat membeli pemain
Semenjak ditangani Jurgen Kloop Liverpool sangat cermat membeli pemain. Pemain di beli sesuai kebutuhan tim dan menggunakan jasa konsultan transfer. Pemain yang di beli memberi dampak yang berarti bagi klub

4. Harmonisasi tim
Tidak ada di isu di media Jurgen Kloop pernah bermasalah dengan pemain. Jurgen Kloop mampu menjaga hubungan dengan pemain apalagi ada beberapa pemain yang kurang mendapat waktu bermain seperti Shaqiri.



Komentar