Immersion & Spray Freezer Ikan

    Ikan utuh seperti tongkol baik menggunakan metode Immersion freezer untuk pembekuannya. Dalam cara ini produk dicelupkan atau disemprotkan dalam medium pendingin.  Jadi jarak antara bahan pendingin dan produk yang diinginkan adalah kecil sekali. Pada immersion freezer produk yang dibekukan direndam dalam air garam jenuh bersuhu -15 0C atau 210C . Ikan dimasukkan ke dalam tangki. Setelah penuh, air garam dingin diisikan untuk disirkulasikan sampai suhu ikan mencapai -180C. Bila pembekuan dianggap cukup, air dingin disedot keluar untuk membiarkan ikan menjadi tiris. Pembekuan cara perendaman ini menyebabkan sebagian garam meresap ke dalam tubuh ikan. Oleh karenanya banyak digunakan untuk produk yang akan dikalengkan.
Selain menggunakan larutan garam dingin pembekuan ini dapat dilakukan dengan pencelupan atau penyemprotan cairan kryogenik yaitu dari gas-gas yang dicairkan seperti: Nitrogen cair (-1960C), CO2 cair (-880C), Freon (-300C). Diantara ketiga bahan pendingin tersebut yang paling banyak digunakan adalah Nitrogen cair karena mempunyai keuntungan-keuntungan sebagai berikut :
· Titik didihnya sangat rendah sehingga penghantaran panas akan berlangsung sangat cepat.
· Karena berbentuk cairan maka kontak dengan baham pangan akan lebih baik atau merata.
· Karena suhu rendah yang terbentuk dari proses penguapan Nitrogen cair, maka tidak diperlukan lagi medium pendingin primer.
· Tidak bersifat racun untuk bahan pangan, karena nitrogen mendesak udara dari bahan makanan maka terjadinya proses oksidasi selama proses pendinginan dan pengemasan dapat ditekan seminimal mungkin.
· Karena proses pembekuan berlangsung sangat cepat, maka kualitas yang diperoleh pun sangat baik.
Pembekuan dengan menggunakan larutan kryogenik mempunyai banyak keuntungan karena kristal es yang terbentuk kecil sehingga kerusakan jaringan pangan sedikit dan kenampakan bahan pangan lebih terang karena refleksi cahaya lebih merata pada kristal kecil. Kelemahannya pada waktu dilakukan pelelehan warna permukaan bahan akan berubah menjadi lebih gelap dan jika dibekukan kembali akan membutuhkan waktu yang lama. Selain itu biaya yang diperlukan sangat tinggi

Komentar