Persiapan Berkendara Mobil

Ketika berkendara di jalan segala sesuatu dapat saja terjadi. Kecelakaan bisa saja terjadi di rute yang dekat dan rute yang biasa anda lalui. Kecelakaan bisa di akibatkan dari pengemudi dan pengguna jalan selain kendaraan. Anda perlu mempersiapkan diri. Berikut ini persiapan yang perlu anda lakukan.

1. Persiapan kendaraan
Anda wajib mengetahui riwayat kendaraan anda. Apa saja kekurangan kendaraan anda. Anda perlu memeriksa bagian yang krusial dari mobil yaitu kondisi dan tekanan ban, air radiator, oli mesin, minyak rem, kekuatan rem, lampu kendaraan.
Tips agar anda cepat memeriksa yaitu ketika anda memasukkan mobil ke garasi anda pastikan mobilsudah memastikan  dalam kondisi optimal sehingga ketika berangkat anda hanya tidak perlu banyak memeriksa.

2. Persiapan diri
Faktor penyebab kecelakaan terbesar ada pada pengemudi yang diakibatkan mengantuk. Anda perlu persiapan yaitu istirahat yang cukup, membawa obat yang anda butuhkan dan membawa air minum dalam jumlah banyak. Air minum sangat penting karena pengemudi sering haus dan jika kekurangan air maka konsentrasi dapat menurun.
Jika anda mengantuk wajib hukumnya anda istirahat. Pilihlah tempat istirahat yang aman dan nyaman.

3. Mengendalikan emosi
Emosi pengendara di jalan selalu meningkat karena banyak pengendara di Indonesia belum memahami aturan dan rambu berkendara. Ada baiknya anda mengalah karena yang penting keselamatan.
Membatasi kecepatan di 80 km/jam walaupun anda berada di tol. Karena segala sesuatu tidak dapat di prediksi.

4. Memperhatikan jarak aman
Anda perlu memperhatikan jarak anda dengan kendaraan di depan anda. Atur jarak sesuai kemampuan rem kendaraan anda. Atur jarak sekitar 2 meter ketika anda berada di jalur tol dan jalur jalan cepat.

Komentar