belanja seru di pekanan

Masyarakat Sumatera Utara terutama yang tinggal yang jauh dari kota dan pusat pasar sangat kenal dengan pekanan. Pekanan merupakan pasar dadakan yang mucul satu kali dalam seminggu. Produk yang dijual beraneka ragam dengan harga bervariasi. Pekanan sangat membantu masyarakat karena menghemat biaya dan ongkos ke pusat pasar. Jika rajin keliling maka kita bisa dapat harga yang murah. Untuk produk pertanian seperti sayur dan buah-buahan banyak juga petani langsung yang jual sehingga harga lebih murah daripada di pasar.
Hal unik yang sering terjadi dan mengecewakan pedagang pekanan yaitu akhir bulan. Pada akhir bulan umumnya uang sudah habis sehingga pelanggan sepi. Ketika memasuki pada minggu awal bulan maka omset pedagang meningkat karena sudah mendapatkan gaji. Gaji di kebanyakan di Pegawai Negeri Sipil dan banyak perusahaan diberikan di awal bulan. Hal ini dapat menjadi referensi anda berjualan.
Pekanan pun memiliki kelemahan karena sering membuat kemacetan karena adanya parkir liar dan banyak yang berdagang di tepi jalan. Sampah dari aktivitas pun banyak yang bertebaran walaupun para pedagang sudah di kutip uang kebersihan. Pekanan merupakan pasar rakyat yang perlu dikelola dengan baik

Komentar