Deskripsi dan klasifikasi Spinosum

Deskripsi dan klasifikasi Spinosum
Rumput laut ini dikenal dengan nama daerah agar-agar. Dalam dunia perdagangan, rumput laut ini dikenal dengan istilah spinosum yang berarti duri yang tajam. Rumput laut tersebut tumbuh dan melekat pada rataan terumbu karang, batu karang, batuan, benda keras, dan cangkang kerang. Seperti halnya rumput laut lainnya, E. denticulatum hanya mungkin hidup pada kedalaman sejauh sinar mataliari masih mampu mencapainya (lapisan fotik).Rumput laut ini berwarna cokelat tua, hijau cokelat, hijau kuning, atau merah ungu. Ciri-ciri lainnya adalah memiliki thallus silindris, licin, dan kenyal. Spesies ini memiliki duri-duri yang tumbuh berderet melingkari thallus dengan interval yang bervariasi sehingga terbentuk ruas-ruas thallus di antara lingkaran duri. Ujung percabangan meruncing. Berikut adalah klasifikasi Spinosum   (Doty 1985) adalah sebagai berikut :
Kingdom  : Plantaea
Divisi         : Rhodophyta
Kelas        : Rhodophyceae
Ordo         : Gigartinales
Famili        : Solieracea
Genus      : Eucheuma
Spesies   : E. Spinosum.

Berikut ini adalah gambar rumput laut E. spinosum dapat dilihat pada gambar  dibawah ini.







Gambar 1. Rumput Laut E. spinosum
Sumber : (Anonim 2009b)

Ciri khusus secara morfologis memiliki duri yang tumbuh berderet melingkari thallus dengan interval yang bervariasi sehingga membentuk ruas-ruas thallus diantara lingkaran duri. Percabangan berlawanan, berselang - seling dan timbul teratur pada deretan duri antar ruas serta merupakan kepanjangan dari duri tersebut. Cabang dan duri ada juga yang tumbuh pada ruas thallus tetapi agak pendek. Ujung percabangan meruncing dan setiap percabangan mudah melekat pada substrat yang merupakan ciri khas E. spinosum.

  Potensi pemanfaatan Spinosum

Spinosum dapat menghasilkan  iota-karaginan  Karaginan digunakan sebagai stabilisator, pengental, pembentuk gel, pengemulsi, pengikat dan pencegah kristalisasi dalam industri makanan dan minuman, farmasi, kosmetik dan lain-lain (Sulistijo 2002). Kandungan kimia dari rumput laut Eucheuma spinosum adalah Iota keraginan (65%), protein, karbohidrat, lemak, serat kasar, air dan abu. Iota keraginan merupakan polisakarida tersulfatkan dimana kandungan ester sulfatnya adalah 28-35%. 

Komentar