Tips bekerja untuk fresh graduate

Sesudah lulus dari perkuliahan umunya para alumni mencari kerja. Memasuki dunia kerja merupakan dunia yang baru dengan drama berbeda dari berbagai teori. Budaya kerja di setiap perusahaan berbeda-beda. Para fresh graduate perlu memahami budaya kerja setiap perusahaan karena memiliki budaya yang berbeda. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat anda buat sebagai bahan pertimbangan

1. Mengetahui struktur di bagian kerja
Ketika sudah diterima di suatu perusahaan kita akan di tempatkan di bagian tertentu. Perlu mengetahui struktur untuk mengetahui siapa pimpinan anda dan kepada siapa anda mengambil keputusan.

2. Mengetahui tipe pimpinan anda
Hal ini perlu waktu tertentu untuk memahaminya. Di suatu perusahaan terkadang misi kerja terkadang sulit diterapkan karena berbagai hal. Anda perlu mengetahui bagaimana pimpinan tertinggi di departemen anda mengambil keputusan agar anda dapat menentukan sikap.

3. Sosialisasi dengan rekan kerja
Sosialisasi sangat penting dengan rekan kerja satu departemen dan di luar departemen anda. Sosialisasi dapat dengan sederhana dengan nongkrong, menghadiri syukuran, pernikahan, dll.
Mengunjungi teman yang sakit juga penting anda dapat mengetahui proteksi dan manfaat kesehatan yang di beri perusahaan.
Dari sosialisasi anda dapat mengetahui bagaimana sistem perusahaan mengrekrut karyawannya. Di beberapa departemen terkadang tidak di buka untuk umum melainkan melalui kekeluargaan.

4. Berbahasa seadanya
Anda perlu menjaga bahasa anda tidak usah terlalu meninggi atau merendah. Anda pahami dulu budaya di departemen anda. Jangan mengkotak-kotak pertemanan anda ambil saja saran dari berbagai teman dan anda teliti.

Tips ini hanya beberapa cara saja bagi fresh graduate, anda dapat bertanya kepada alumni anda dan rekan- rekan kerja anda. Dengan mengetahui hal ini anda dapat menentukan sikap bertindak di perusahaan sehingga terhindar dari berbagai benturan yang anda. Semoga bermanfaat.

Komentar