SELADA AIR PENGHAMBAT KANKER DAN PENURUN LEMAK



Selada air (Nasturtium officinale L. R. Br) merupakan tanaman air yang tersebar di seluruh daratan Eropa dan Asia. Masyarakat bogor sering mengkonsumsi selada air sebagai lalapan. Selada air dikenal sebagai bahan obat-obatan sejak ribuan tahun lalu.  Bangsa Yunani dan Romawi kuno percaya bahwa selada air berkhasiat sebagai tonikum bagi otak dan membuat otak menjadi cerdas.  Selada air sebagai makanan obat mampu memurnikan darah, menurunkan demam, mencegah sariawan, antiseptik, dan melancarkan pencernaan. Selada air selain dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan pangan, juga bermanfaat untuk membantu detoksifikasi pada liver, memurnikan darah dan melancarkan pencernaan. Ekstrak daun selada air dapat melawan dan mengurangi peroksidasi lipid pada hati, otak dan ginjal.

Gambar Selada air
Radikal bebas yang merupakan penyebab kanker akibat polusi udara, makanan instant dan kebiasaan hidup yang buruk. Adanya radikal bebas yang berlebihan dapat mengakibatkan penyakit degeneratif seperti jantung, stroke, dan kanker. Radikal bebas ini dapat diatasi dengan suatu senyawa penangkal yang disebut antioksidan.  Ternyata selada air memiliki kemampuan menangkap radikal bebas yang bermanfaat mencegah kanker. Ekstrak selada air ini mengandung 5 komponen bioaktif yang terdeteksi melalui uji fitokimia, yaitu komponen alkaloid, steroid, fenol hidrokuinon, karbohidrat dan asam amino. Komponen-komponen bioaktif ini diduga memiliki banyak aktivitas fisiologis yang positif bagi tubuh manusia. Bagian daun dari selada air merupakan bagian paling baik untuk menangkal radikal bebas.
Berdasarkan penelitian ekstrak selada air yang diberikan ke tikus dapat menurunkan kolesterol lebih baik daripada pemberian insulin. Orang dewasa yang mengkonsumsi selada air sebanyak 85 gram sehari selama 8 minggu mengalami penurunan kadar lemak sekitar 10% dan peningkatan total protein sebesar 4% dibandingkan yang tidak mengkonsumsinya. Konsumsi selada air sebagai lalapan atau dimasak sebentar membuat aktivitas selada air semakin baik.



Komentar